Rabu, 23 November 2016

Mari Kenali Ciri-Ciri Gejala Awal Pada Penyakit Jantung

Salam Teman-teman.. jika di artikel sebelumnya membahas Hipertensi. Namun dalam artikel ini saya akan membahas mengnai penyakit jantung.  Mungkin  ada suadara,teman dekat kalian,atau barangkali orang Tua anda sendri yang menderita penyakit jantung, yang awalnya kalian tidak mengetahui gejala penyakit jantung.

Untuk itu dalam Artikel kali ini, saya akan mejelaskan ciri -ciri gejala awal penykit jantung yang mungkin teman belum mengetahuinya dan membaca artikel ini sampai selesai , semoga apa yang di jelaskan dapat bermanfaat dan kalian dapat memahami gejala awal penyakit pada jantung.




Jantung
Google Image - Penyakit Jantung

Nah, Teman teman penyakit jantung  pada dasarnya ini disebabkan karena sel-sel jantung yang mati dan mengakibatkan pasokan darah ke jantung terhenti atau bisa juga disebabkan  penyumbatan pembuluh darah. Penyakit pada jantung ini merupakan  pembunuh nomor 1 didunia menduduki peringkat pertama bersama  dengan penyakit stroke. Menurut keterangan dari Federasi Jantung Dunia, sepanjang tahun 2014, di  wilayah Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus penderita jantung. Berbagai penelitian telah banyak dilakukan untuk mengenali ciri-ciri awal seseorang terkena penyakit jantung, karena penyakit jantung  tersebut bisa  saja dialami dari mulai bayi, remaja, dewasa dan juga orangtua. Dengan berbagai penelitian yang telah  dilakukan tentang gejala atau tanda yang biasa timbul pada penderita penyakit jantung ini, tentu saja membuat banyak orang harus menjadi  lebih waspada dalam memperhatikan pola perubahan pada tubuh yang mungkin saja merupakan gejala-gejala dari berbagai kemungkinan penyakit.  – kotakusehat.blogspot.co.id

Penyebab penyakit jantung tersebut biasanya yang menyebabkan seseorang terkena serangan jantung adalah karena pola gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok  dan memakan makanan yang banyak mengandung kolesterol yang tinggi.

•    Gaya Hidup yang Tidak Sehat
Gaya hidup di sini dengan kata lain pola hidup berkaitan dengan pola makan  sehari dan juga aktifitas fisik seahari  lainnya. Kebiasaan buruk sebaiknya tidak dipelihara karena yang rugi bukan hanya orang lain, tetapi diri sendiri. Aktifitas fisik seperti  berolah raga sebaiknya dilakukan secara rutin karena tubuh kita membutuhkannya. Begitu juga makanan. Diet sehat adalah salah satu pilihan tepat untuk mencegah penyakit pada jantung.

•    Kelebihan Kolestrol dalam Tubuh
Kolesterol jahat  yang berlebihan sangat berbahaya bagi jantung kita. Sangat  mudah menempel pada dinding pembuluh darah sehingga berpotensi menjadi plak. LDL yang normal dalam darah harus kurang dari atau sama dengan 100 mg/dl . Ketahui mengenai makanan yang mengandung kolesterol tinggi. 

•    Hipertensi
Ketika seseorang mengalami penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi maka akan berhimbas pada kesehatan jantungnya. Karena tekanan darah tinggi akan memicu kerja jantung lebih berat dari biasanya dan  juga pembuluh darah.

•    Merokok
Nah, taman-teman di dalam asap rokok mengandung  karbon monoksida dan kandungan nikotin yang dapat memicu munculnya gumpalan darah serta memacu kerja jantung  lebih cepat dari biasanya, sehingga akan membuat jantung terbebani. Selain itu juga , senyawa kimia lain yang terkandung di dalam asap rokok bisa membuat dinding arteri jantung menjadi rusak yang kemudian akan memicu terjadinya penyempitan arteri.

•    Diabetes
Penderita penyakit  diabetes beresiko lebih banyak terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga membuat aliran darah menjadi terhambat.

•    Obesitas
Nah, teman.. Obesitas atau kelebihan berat badan rentan sekali terhadap penyakit jantung. Mereka memiliki potensi besar untuk mengidap tekanan darah tinggi,stroke, kelebihan kolesterol, dan juga beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Secara fisik,  cara kerja jantung juga membutuhkan bobot lebih dibanding untuk tubuh ideal.
•    Usia
 Fkator Usia yang beranjak tua seiring dengan penurunan banyak fungsi tubuh mengakibatkan seseorang beresiko terkena penyakit pada jantung.

•    Riwayat Keluarga
Faktor  riwayat keluarga yang memiliki penyakit  pada jantung, jauh lebih besar resikonya dibanding yang tidak memiliki riwayat keluaraga penderita  penyakit jantung.



Ciri-Ciri Gejala Awal Penykit Pada Jantung


Baiklah Teman, Dibawah ini merupakan beberapa ciri penyakit jantung pada seseorang, Ciri awal seseorang penderita penyakit pada  jantung bervariasi, karena tergantung jenis penyakit jantung yang dialami oleh seseorang. Selain itu pula  terdapat perbedaan antara sakit jantung dengan serangan jantung namun banyak orang yang mengartikan keduanya dengan makna yang sama.
Nah, perbedaan tersebut terletak pada makna- nya, jika sakit jantung merupakan ketidakmampuan fungsi jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh, sedangkan serangan jantung adalah penyumbatan atau pengecilan pembuluh darah yang membawa sari makanan dan oksigen menuju jantung. Terlepas dari perbedaan tersebut tetap saja keduanya masih berhubungan erat. Berikut ini merupakan beberapa tandanya  yaitu :

1. Sakit kepala, sakit kepala adalah gejala awal penyakit jantung bisanya sangat menyakitkan ini terjadi karena aliran darah menju ke otak terganggu dan tidak normal.

2. Mengeluarkan keringat, mengeluarkan keringat padahal tidak sedang melakukan kegiatan, umumnya area pada  telapak tangan yang sering keluar keringat.

3. Nyeri pada dada, ini sebabkan  otot dan jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup dan membuat jantung tersebut menjadi nyeri. Biasanya ini disertai dengan rasa seperti jantung diremas-remas dan rasa sakit.

4. Sesak nafas, karena kontraksi otot jantung yang tidak normal bisa berdampak ke paru-paru sehingga akan menyebabkan menjadi sesak nafas.

5. Merasa lelah berlebihan, merasa lelah juga bisa menjadi indikasi awal dari penyakit jantung padahal sebelumnya tidak melakukan aktifitas fisik yang berat sedikitpun.

6. Cemas, orang yang dihinggapi rasa cemas biasanya memikirkan kondisi tubuhnya tentang penyakit tersebut ada baiknya menenangkan diri karena rasa cemas justru akan menganggu jantung.

7. Jantung berdebar-debar, jantung yang  sering berdebar kencang tanpa sebab rasanya seperti habis melakukan lari juga bisa disebabkan karena gejala awal penyakit jantung.

8. Sakit dibagian tubuh, ini disebabkan oleh aliran darah yang tersumbat kebagian tubuh tersebut dan mengakibatkan sakit.

9. Bagian tubuh membengkak, jika terdapat salah satu bagian tubuh membengkak tanpa sebab , wajib berhati-hati segera lakukanlah antisipasi.

10. Pingsan Mendadak, Pingsan atau keadaan tak sadarkan diri bisa terjadi oleh berbagai macam faktor salahsatuya yaitu bisa terjadi karena gejala darah Anemia, atau bahkan bisa disebabkan oleh faktor lainnya. Namun, biasanya  penyebab masalah yang cukup serius, sebaiknya harus tetap melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

11. Riwayat Keluarga, Apabila memiliki saudara atau kerabat yang mempunyai penyakit jantung atau serangan penyakit jantung ketika muda, sebaiknya lebih harus waspada.

Nah, Teman-teman sekalian.. jika ada seseorang mengalami gejala penyakit jantung seperti  yang telah disebutkan diata,  jangan langsung menyimpulkan bahwa seseorang tersebut menderita penyakit pada jantung. Bisa saja penyakit lainnya yang hampir mirip menyerupai  gejala nya dengan penyakit jantung. langkah selanjutnya jika mengalami ciri gejala diatas segera konsultasi dengan dokter yang sudah ahli  dan berpengalaman menangani hal seputar penyakit jantung agar dapat dilakukan diagnosa lebih lanjut.

Namun Hal yang paling penting teman yaitu adalah menjaga kesehatan sebelum sakit menyerang Tubuh  kita dengan cara berolahrga secara teratur, mengkosumsi makan dan minuman yang bergizi seimbang dan selalu melakukan pol hidup yang sehat dan juga ceria. –kotakusehat.blogspot.co.id






0 komentar:

Posting Komentar