Senin, 21 November 2016

Ternyata Ini Loh Gejala Dan Penyebab Hipertensi

Selamat Siang Teman.. bagaimana aktivitas anda disiang hari ini? Semoga lancar. Baiklah teman-teman  kemarin sore ada  tetangga saya masuk rumah sakit secara mendadak, tak tahu apa penyebabnya, setelah mendengar kabar dari anaknya. Ternyata Ayahnya masuk rumah sakit akibat hipertensi atau yang sering kita sebut tekanan darah tinggi.

Penyakit
Google Image - Hipertensi


Sebelum anda mengenal lebih jauh gejala dan penyebab hipertensi (Tekanan Darah Tinggi),Kalian sudah tahu kan apa itu hipertensi ? Iya.. hipertensi atau disebut tekanan darah tinggi adalah Kedaan atau kondisi umum di mana cairan darah dalam tubuh kita menekan dinding arteri dengan cukup kuat hingga pada  akhirnya menyebabkan masalah kesehatan, yaitu seperti penyakit jantung. Tekanan darah ditentukan dengan jumlah darah yang dipompa oleh jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada arteri. Semakin banyak darah dipompa oleh jantung anda dan arteri anda menyempit, tekanan darah akan menjadi meningkat. Selain itu juga hipertensi atau darah tinggi bisa menyebabkan menderita stroke atau penurunan fungsi jantung dan mengakibatkan sakit jantung. - kotakusehat.blogspot.co.id

Anda bisa mendapat tekanan darah tinggi atau hipertnsi  selama beberapa tahun tanpa mengalami gejala. Tekanan darah yang tidak  dapat dikontrol meningkatkan risiko mendapat masalah  bagi kesehatan yang serius. Tekanan darah tinggi biasanya dapat  berkembang selama beberapa tahun, dan pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan anda. Beruntung  tekanan darah tinggi dapat dengan mudah terdeteksi.  Anda mengetahui diri anda mempunyai tekanan darah tinggi, anda dapat mengusahakan dengan dokter untuk mengendalikannya.


Gejala Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)


Gejala tekanan darah tinggi hipertensi akan menyebabakan jantung kita berdebar lebih kencang dibandingkan dalam kondisi atau kedaan normal. Kebanyakan dari orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki tanda atau tidak mengalami gejala, meskipun demikian tekanan darah mencapai level tinggi yang bisa membahayakan kesehatan. Meskipun beberapa orang dengan hipertensi  atau darah tinggi tahap awal mungkin mengalami “dull headaches”, pusing atau beberapa lagi mimisan, tanda dan gejala sepeti  ini biasanya tidak sampai  muncul hipertensi mencapai tahap yang  berat bahkan tingkat yang mengancam nyawa seorang.

Secara umum orang dengan tekanan darah tinggi (hiepertensi)  terlihat sehat  dan sebagian besar tidak ada menimbulkan gejala apapun. Akan tetapi ada pula gejala awal yang mungkin timbul dari hipertensi yaitu antara lain:
  • Pusing
  • Sakit kepala,
  • Tengkuk leher terasa berat
  • Perdarahan dari hidung,
  • Wajah kemerahan
  •  Kelelahan
Gejala
Google Image -Pemeriksaan Tekanan Darah Tinggi

Penyebab dan Faktor Risiko Hipertensi


Bagi anda,untuk mengetahui penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi, akan lebih mudah jika kita membaginya menjadi dua bagian yaitu :

Hipertensi primer
Kebanyakan pada orang dewasa, tidak terdapat identifikasi  apa penyebab dari hipertensi. Tipe tekanan darah tinggi ini, disebut hipertensi hipertensi primer  atau disebut “essential”, cenderung berkembang secara bertahap selama  dalam bertahun-tahun.

Hipertensi sekunder
Kasus beberapa orang mengalami hipertensi karena gangguan atau kondsi  yang merupakan penyebab utama (underlying conditon). Tipe tekanan darah tinggi ini, disebut tekanan darah tinggi sekunder, cenderung muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah lebih tinggi dari pada hipertensi primer. Berbagai kondisi dan pengobatan dapat menyebabkan hipertensi sekunder, termasuk di antaranya yakini masalah pada organ ginjal :
  1. Tumor “adrenal gland”
  2. Pengobatan tertentu, seperti pil KB, obat-obat pilek, dekongestan, pereda nyeri dan beberapa resep obat.
  3. Kelainan tertentu pada pembuluh darah yang didapat sejak dilahirkan (congenital)
  4. Obat-obatan illegal, seperti kokain dan “amphetamines”

Faktor Risiko

Hipertensi memeliki berepa faktor risiko, antara lain sebagai berikut :

  • Usia,Resiko tekanan darah tinggi meningkat.
  • Ras. Tekanan darah tinggi
  • Latar belakang keluarga (Riwayat Keluarga)
  • Obesitas (Kelebihan berat badan)
  • Tidak aktif secara fisik. Denyut jantung orang-orang yang tidak aktif cenderung lebih tinggi. Sehingga semakin keras jantung anda  maka harus bekerja dengan setiap kontraksi dan semakin kuat gaya pada arteri anda. Kekurangan aktivitas fisik juga dapat  meningkatkan risiko kelebihan berat badan.
  • Merokok,
  • Terlalu banyak makanan pada  garam (sodium) pada diet anda. Terlalu banyak sodium pada diet anda tersebut  dapat menyebabkan tubuh anda menahan cairan yang dapat meningkatkan hipertensi.
  • Terlalu sedikit potasium pada diet anda. Pottasium membantu menyeimbangkan jumlah dari sodium di sel anda. bila anda tidak mendapat potasium yang cukup pada diet anda atau menahan potasium, anda bisa menumpuk terlalu banyak sodium di dalam darah.
  • Terlalu sedikit vitamin D di dalam darah anda. Tidak pasti apakah memiliki terlalu sedikit vitamin D dalam diet anda dapat menyebabkan tekanan hipertensi. Vitamin D dapat mempengaruhi enzim yang diproduksi oleh ginjal yang mempengaruhi tekanan darah anda.
  • Terlalu banyak mengkosumsi minuman ber  alkohol
  • Stress,
  • Kondisi kronik tertentu. Seperti, diabetes, kolesterol tinggi, penyakit ginjal.
  • Terkadang kehamilan juga dapat  berkontribusi terhadap hiprtensi.
Meskipun penyakit hipertensi ini paling umum terjadi pada orang dewasa, pada anak-anak juga memiliki risiko hipertensi. Beberapa  anak, hipertensi atau tekan darah tinggi disebabkkan oleh masalah pada jantung dan hati.

Itulah tadi teman penjelasan mengenai gejala dan penyebab hipertensi(Tekanan Darah Tinggi), semoga apa yang anda baca di artkel kali ini dapat bermanfaat khusunya untuk pengetahuan dan menjaga kesehatan. – kotakusehat.blogspot.co.id

Referensi :
  1. Darah Tinggi Hipertensi –http://darahtinggihipertensi.com/penyebab-darah-tinggi-hipertensi.html 
  2. Gejala dan Penyebab Hipertensi(Tekanan Darah Tinggi) -http://gejalapenyakitmu.blogspot.com/2013/04/gejala-dan-penyebab-hipertensi-tekanan.html – Diakses Tanggal  03 Juni 2014

0 komentar:

Posting Komentar