Sabtu, 12 November 2016

Pengertian Gangguan Kognitif, Penyebab Dan Penanganannya

Salam Teman..Sebelumnya  saya mau tanya kepada teman-teman apakah sering mengalami masalah seperti kesulitan dalam mengingat khususnya dalam hal-hal yang kecil, atau sering lupa apabilah anda sering mengalami hal demikian itu adalah tanda dari gangguan kogntif.

Oke Teman, dalam artikel  kali ini saya akan menjelaskan kepada teman-teman pengertian gangguan kognitif, peneyebab dan cara penanganannya.- kotakusehat.blogspot.co.id

Pengertian Gangguan Kognitif

Penyebab
Sumber : Google Image - Gangguan Kognitif


Gangguan Kognitif  yaitu gangguan yang menyerang saraf otak dengan kondisi mempengeruhi kemampuan seseorang untuk berfikir.  Individu dengan masalah ini akan memiliki kesulitan dalam ingatan, persepsi dan belajar.

Penyebeab Gangguan Kognitif


1.    Faktor Predisposisi 

Pada umumny gangguan kognitif  disebabkan oleh gangguan pada fungsi sususnan saraf pusat. Susunan saraf pusat memerlukan untuk nutrisi sebagai fungsi,jika ada gangguan  dalam pengiriman nutrisi maka hal ini akan  mengakibatkan gangguan pada fungsi  susunan saraf  pusat.salah satu faktor yang dapat menyebabkan yaitu  adalah suatu  keadaan penyakit seperti infeksi sistematik, gangguan peredaran darah, keracunan zat-zat(beck, Rawlins dan Williams, 1984).Namun demikain banyak juga  faktor lain yang menurut beberapa ahli dapat menimbulkan gangguan kognitif, misalnya  kekurangan vitamin, malnutrisi, dan gangguan jiwa fungsional.

2.    Faktor Presipitasi
 
Ganggauan kognitif yang berdampak  di otak. Hipoksia dapat juga berupa anemia Hipoksia, Hitoksi Hiposia, Hipoksemia Hipoksi, atau Iskemik Hipoksi. Semua kondisi ini menimbulkan  distribusi  aliran nutrisi ke otak berkurang. Gangguan metabolisme sering menganggu  fungsi mental, hipotiroidisme, hipoglikemia. Racun, virus lain yang menyerang otak mengakibatkan ganggaun pada fungsi otak.


 Penanganan Pada Gangguan Kognitif

Karena tidak ada penyebab  secara  yang pasti dari gangguan kognitif dan gejalanya pun berbeda – beda dari setiap penderitanya, maka tak ada obat penyembuh utama. Perawatan yang dilkuakan  bervariasi dan sering disesuaikan tergantung pada kondisi dan gejalanya. Pengelolaan masalah kognitif dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan yang berbeda, mulai dari dokter sampai pekerja sosial.

1.    Dengan cara terapi, termasuk terapi perilaku dan okupasi untuk memungkinkan pasien tersebut berfungsi senormal dan semandiri mungkin
2.    Obat-obatan seperti penguat suasana hati dan obat yang menghalangi atau memperkuat neurotransmitter tertentu yang terkait dengan gangguan tertentu
3.    Penggunaan teknologi untuk meningkatkan penyimpanan informasi dan ingatan
4.    Dengan Konseling untuk pasien maupun keluarganya
5.    Dengan cara menciptakan lingkungan yang membuat penerimaan lebih baik terhadap perawatan pasien.

Na teman-teman itu lah tadi pengertian dari gangguan kognitif, peneyebab dan cara penagananya. Semoga apa yang dijeskan tadi bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga artkel Beginalah Cara Mencegah Penyakit Diabetes Pada Keturunan.


2 komentar:

  1. owh, kalau cepat lupa juga termasuk gangguan kognitif ya, kalau lambat mengerti pelajaran bagaimana ?

    BalasHapus