Selasa, 15 November 2016

Pengertian Penyakit Stroke, Penyebabnya Dan Cara Mencegahnya

Sebelumnya  sudah dibahas dalam artikel mengenai tanda dan gejala penyakit stroke. Untuk itu dalam artikel kali ini saya ingin menjaskan mengenai apa sih itu Penyakit Stroke, penyebabnya dan cara mencegahnya? Mungkin sebagian dari anda sudah mengatui apa itu penyakit stroke namun ada juga yang belum mengetahui. Bahkan barang kali ada salah satu kerabat, saudara atau mungkin  teman anda yang menderita stroke.
Pengertian Stroke
Sumber: Google Image - Bahaya Stroke
  

Dalam postingan artikel saya kali ini, ada baiknya teman-teman luangkan waktunya sebentar  untuk membaca artikel saya tersebut paling tidak setelah membaca anda dapat mengatahui tentang penyakit stroke.

Pengertian Stroke


Stroke adalah suatu kejadian rusaknya sebagain dari otak yang terjadi jika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak  tersebut tersumbat, atau jika terjado  robek atau bocor.  Hilangnya fungsi-fungsi otak dengan cepat, dikarenakan gangguan suplai darah ke otak. Hal ini dapat terjadi karena iskemia(berkurangnya aliran darah) dikarenakan oleh penyumbatan (thrombosis, arterial embolism), atau adanya pendarahan. Stroke iskemik yang biasanya disebabkan oleh penyakit diabetes menjadi mayoritas pada penderita penyakit stroke dan bisa mencapai 85 %, sedangkan stroke pendarahan hanya 15 %, tetapi penyakit  stroke pendarahan dapat menimbulkan kematian pada 40 % pasiennya. 

Yang  perlu diperhatikan juga adalah stroke iskemik ringan yang gejalanya mirip stroke, tetapi akan hilang dengan sendirinya dalam 24 jam. Hal ini juga bisa terjadi karena penyumbatan pembuluh darah hanya terjadi sementara waktu. Tetapi bagaimanapun juga jika hal ini terjadi, maka kemungkinan terjadinya stroke berikutnya yang lebih berat dapat terjadi. Di Indonesia, stroke terjadi pada 12 dari 1.000 orang dan satu dari 7 pasien yang mengalami stroke akan meninggal dunia.
Karena daerah yang  terkena stroke tidak dapat berfungsi dengan baik seperti seharusnya. Gejala stroke  anataranya yaitu termasuk: hemiplegia atau ketidakmampuan untuk menggerakkan satu atau lebih dari anggota badan dari salah satu sisi badan, aphasia (ketidakmampuan untuk mengerti atau berbicara), atau tidak mampu untuk melihat salah satu sisi dari luas pandang.

Stroke memerlukan tindakan darurat medis (medical emergency) pada masa emasnya (golden period) yang maksimum hanya dapat  berlangsung beberapa jam saja setelah terjadinya stroke, dengan demikian  diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan tetap atau kerusakan yang lebih parah lagi dan jika tidak ditangani secara cepat, maka  bisa mengakibatkan kematian( meninggal). Faktor-faktor yang  dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke antara lain yaitu :

1. Usia
2. Tekanan darah tinggi
3. Stroke sebelumnya
4. Diabetes, kolesterol tinggi
5.  Merokok.

Dari semua faktor-faktor tersebut yang paling mudah dikendalikan adalah tekanan darah tinggi dan merokok.

Penyebab
Sumber : Google Image - Penyebab Stroke

Penyabab Stroke

Sebagian besar penyebab penyakit stroke bisa ducegah dengan cara yaitu mengubah pola hidup kita menjadi pola hidup yang sehat. Dengan demikian ada beberap  resiko stroke yang tidak bisa diubah di antaranya :

  • Jika mengalami stroke ringan dan serangan jantung, resiko anda terkena stroke akan lebih tinggi.
  • Resiko terkena stroke tinggi apabila ada memiliki anggota keluarga dekat yang pernah mengalami stroke.
  • Beresiko terkena stroke jika usia lebih dari 65 tahun, meskipun seperempat bagain kasus stroke terjadi pad usia yang lebih muda.
  • Menderita Penyakit diabetes , tekanan darah tinggi dan mempunayi kolesterol yang tinggi.

Pencegahan Stroke

Penyakit stroke dapat di cegah dengan cara prilaku pola hidup sehat. Resiko stroke akan berkurang jika makan dengan makan yang sehat, olahraga secara teratur, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman yang ber alkohol. Lalu kemudian berusaha menurunkan tingkat kolesterol dan tekan darah tinggi.

Ok Teman-teaman, itu lah tadi penjelasan dalam artikel saya kali ini. Dan semoga apa yang telah anda baca tadi dapat bermanfaat bagi anda untuk bias  menjaga pola sehat agar terhindar dari  penyakit khususnya penyakit stroke – kotakusehat.blogspot.co.id


0 komentar:

Posting Komentar